Berita

    Cara Merawat Kampas Kopling Mobil dengan Benar

    Kampas kopling merupakan salah satu komponen dalam mobil yang fungsinya untuk menyambungkan serta memutuskan putaran mesin.

    Karena sangat penting untuk kinerja mesin kendaraan, maka perawatannya juga perlu diperhatikan dengan betul. Anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa mengurangi performanya.

    Tips Melakukan Perawatan Kampas Kopling

    Untuk bisa merawat komponen ini dengan baik dan benar, maka Anda bisa mengikuti berbagai cara di bawah ini.

    • Perhatikan Posisi Kaki Ketika Memakai Kopling

    Salah satu kebiasaan yang masih diterapkan oleh banyak orang adalah menggantungkan kaki di bagian pedal kopling ketika sedang mobil sedang berjalan.

    Padahal, hal tersebut bisa menambah berbagai gaya gesek. Efeknya, kampas bisa menjadi cepat aus.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan tersebut. Jika hendak menggunakan kopling, maka lepaskan kaki Anda dari pedal kopling ketika mobil sudah kembali stabil berjalannya.

    • Pastikan Posisi Gigi dan Kecepatan Sudah Sesuai

    Tips merawat kampas kopling selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa kecepatan mobil telah sesuai dengan posisi dari gigi.

    Ketika Anda melaju dengan kencang, maka atur ke gigi yang tinggi. Sebaliknya, jika melaju dengan lebih tambat, maka pakai gigi yang rendah.

    Jika tidak sesuai, maka bisa menimbulkan gesekan yang kencang di bagian kampas. Efeknya, kampas tersebut bisa aus dan habis sebelum masa pakainya berakhir.

    • Ketika di Lampu Merah, Netralkan Transmisinya

    Ketika berkendara dan mobil dalam kondisi berhenti, misalnya ketika di lampu merah, maka jangan menahan kopling di posisi gigi satu.

    Posisi tersebut dapat membuat kopling harus bekerja dengan lebih berat. Kampas kopling juga bisa menjadi lebih cepat menipis.

    Selain tidak baik untuk kopling, hal itu akan membuat kaki Anda cepat pegal. Jadi, sebaiknya netralkan saja transmisinya ketika sedang berhenti. Setelah hendak berjalan, maka Anda bisa memasukkan transmisi ke gigi satu dan mengegasnya.

    • Pelan-pelan saat Melepas Kopling

    Jika Anda telah selesai memindahkan transmisi mesin, maka lepas koplingnya dengan pelan-pelan dan halus. Sebaiknya, jangan pernah melepas kopling dengan mendadak atau dihentakkan.

    Jika melepas dengan menghentak, maka akan timbul gesekan yang keras di bagian kampasnya. Ini adalah kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang tanpa disadari.

    iStock - Turk Stock Photographer
    • Jangan Pakai Setengah Kopling