Berita

    Kenali Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag

    Sekarang ini, sejumlah mobil sudah dilengkapi dengan lampu indikator di bagian airbag dashboard. Sebagai sebuah fitur pengaman, tentu saja fungsinya harus dipastikan normal.  Lantas, bagaimana cara mematikan lampu indikator airbag yang menyala?

    Saat lampu indikator menyala selama kurang lebih 10 menit sesudah dimatikan, ini berarti terjadi masalah di komponen tersebut. Sebagai pemilik mobil, pastikan mengetahui cara mematikan dan penyebab lampu indikator menyala. 

    Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag

    Sebenarnya, untuk mematikan lampu indikator airbag sangat mudah. Bahkan, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa menggunakan alat khusus. Berikut langkah untuk mematikan lampu airbag di dashboard, antara lain:

    1. Tempatkan kunci di lubang kunci pada mobil. Pastikan kunci kontak berada dalam status ON, atau IG tanpa harus menghidupkan mesin kendaraan. 
    2. Biarkan seluruh indikator hidup. Khusus untuk indikator airbag, Anda harus memperhatikannya dengan cermat. Ketika indikator airbag berkedip, cepat matikan mobil di posisi OFF. 
    3. Ulangi cara tersebut 4 hingga 5 kali agar dapat memastikan lampu indikator mati dan normal kembali. 
    4. Anda hanya perlu menghidupkan mesin seperti biasanya, yaitu dengan menstarter mobil dan amati lampu indikator di dashboard mobil. 
    5. Bila lampu indikator SRS mati, ini berarti proses mematikan lampu indikator airbag sudah berhasil. Namun, jika lampu masih berkedip, ulangi langkah di atas. 

    Penyebab Lampu Indikator Airbag Menyala

    Saat lampu indikator airbag terus menerus menyala, hal ini menandakan terdapat gangguan atau kendala di dalam komponen tersebut. Berikut sejumlah penyebabnya, antara lain:

            1. Adanya Masalah di Saklar Seatbelt

    Salah satu penyebab paling umum yang membuat lampu indikator airbag tetap berkedip adalah adanya gangguan yang terjadi di sistem seatbelt, tepatnya di saklar. Sakelar di sabuk pengaman memiliki fungsi untuk mendeteksi apakah pemasangan seatbelt sudah benar. 

    Jika sakelar mengalami gangguan, lampu airbag akan terus menerus berkedip. Gangguan di bagian sakelar ini juga dapat terjadi karena tumpukan debu yang menghalangi saklar untuk mendeteksi kondisi sabuk pengaman. 

            2. Gangguan Kabel Clock Spring

    Lampu indikator airbag juga dapat menyala karena adanya gangguan kabel clock spring. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penghubung drive module dan air bag di area kemudi. Tepatnya berada di bagian roda belakang kemudi.