Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun.

    Kondisi kaca mobil berembun menjadi berisiko jika tidak diatasi. Biasanya, kaca mobil akan berembun jika Anda berkendara dalam kondisi hujan atau menempuh medan yang dingin. Munculnya embun pada mobil Anda akan berisiko membuat penglihatan Anda terganggu selama berkendara.

    Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara-cara mengatasi kaca mobil yang berembun. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebabnya agar Anda dapat terhindar dari kaca mobil yang berembun. Simak berikut ini penjelasannya!

    Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

    Kaca mobil yang berembun merupakan kondisi yang normal dan pasti dialami oleh seluruh pengemudi mobil di dunia. Namun, kondisi ini ternyata sangat mengganggu penglihatan Anda ketika berkendara dan berisiko adanya kecelakaan.

    Adapun penyebab kaca mobil Anda berembun biasanya karena dua faktor, yaitu pertama perbedaan suhu di luar dan di dalam mobil dan kedua adalah AC mobil ketika berada di medan dataran tinggi. Anda mungkin mengerti bahwa ketika cuaca dingin di luar mobil bertemu dengan cuaca panas di dalam mobil, maka embun tersebut tercipta.

    Begitu pula jika Anda menyalakan AC mobil ketika mengendarai mobil di dataran gunung. Hal ini tentu mengganggu sekali para pengemudi mobil. Maka dari itu, Anda wajib untuk tahu cara mengatasi kaca mobil yang berembun. Berikut ini ada 5 cara mengatasinya, yaitu:

            1. Turunkan Suhu Di Dalam Mobil

    Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menurunkan suhu di dalam mobil Anda. Menurunkan suhu ini dapat dilakukan dua cara, yaitu menyalakan AC dan membuka jendela. Tujuannya agar suhu ruangan di dalam mobil Anda dan suhu di luar mobil tetap seimbang dan embun di kaca akan hilang dengan sendirinya.

            2. Manfaatkan Fitur Defogger

    Cara kedua Anda dapat memanfaatkan fitur defogger yang dipasang pada kedua sisi dashboard mobil Anda. Fitur defogger ini dijamin dapat menghilangkan embun-embun di kaca mobil Anda yang mengganggu penglihatan saat menyetir.

    Anda dapat membeli defogger pada toko aksesoris mobil dan alat ini sangat bermanfaat di saat Anda menyetir ke tempat dataran tinggi. Selain itu, ketika musim hujan pun fitur defogger ini sangat amat membantu Anda untuk berkendara dengan aman.

            3. Nyalakan Wiper dan AC Mobil

    Menyalakan wiper dan AC mobil dapat menjadi cara untuk mengatasi kaca mobil berembun berikutnya. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa biasanya embun pada kaca mobil muncul ketika hujan deras.