Berita

    Ketahui Cara Tepat Melakukan Bleeding Rem pada Mobil

    Ketika Anda menekan pedal rem saat mengendarai mobil, minyak rem kemudian akan bereaksi. Gerakan kaki yang menggerakkan pendorong pada master cylinder rem memompa minyak melalui saluran tertentu dan keluar pada bagian rem. Terkait minyak rem ini, ada istilah yang berhubungan, yaitu bleeding rem mobil.

    Seiring waktu, minyak rem akan kehilangan ketahanan dan kelembapannya sehingga ia mulai menyerap air di sekitarnya. Hal ini mengurangi performa rem dan dapat menyebabkan timbulnya korosi pada sistem pengereman.

    Melakukan penggantian cairan minyak pada periode yang tepat adalah solusi efektif yang murah meriah. Selain itu, hal tersebut membuat pengalaman berkendara Anda tetap nyaman.

    Apa Itu Bleeding Rem Mobil?

    Proses bleeding rem itu adalah menguras atau memompa minyak rem dan mengeluarkan udara di selang rem. Proses ini pada umumnya banyak dilakukan secara manual oleh bengkel (single stroke bleeding).

    Bagian yang penting dari penggantian minyak rem yaitu bleeding rem. Tujuan dari proses ini adalah untuk membersihkan rem dari udara yang terjebak di dalam cairan minyak rem yang lama. Proses ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan oleh orang awam sekalipun.

    Untuk melakukan bleeding rem dengan metode single stroke bleeding, dibutuhkan dua orang. Satu orang menekan pedal rem, dan satu lagi menutup dan membuka sekrup bleeder di kaki-kaki. 

    Akan tetapi, ada cara lainnya juga bisa dilakukan, yaitu menggunakan metode gravity bleeding, proses bleeding yang menggunakan gravitasi bumi supaya minyak rem terdorong keluar dari sistem.

    Cara Bleeding Rem Mobil

    Seperti yang disinggung di atas, ada dua cara bleeding rem yang bisa dilakukan, yaitu single stroke bleeding dan gravity bleeding. Metode gravity bleeding adalah metode yang paling mudah, tapi butuh waktu yang lama. Caranya adalah sebagai berikut:

    • Cek Jenis Minyak Rem

    Cek jenis minyak rem yang digunakan sebelum memulai proses bleeding rem mobil. Kemudian sediakan minyak rem yang cocok dengan mobil Anda. Untuk satu kali bleeding rem dibutuhkan dua sampai tiga kaleng minyak rem.

    Dongkrak mobil Anda pada permukaan tanah yang kokoh dan tidak bergelombang. Gunakan empat buat dudukan di setiap titik dongkrak. Pastikan kendaraan berada di dalam tumpuan yang kuat, selanjutnya lepaskan empat roda.

    • Cek Sekrup