Berita

    Ketahui Front Wheel Alignment & Sudutnya

    Wheel alignment atau penyelarasan roda sering juga disebut sebagai penyelarasan ban dilakukan untuk tujuan penyelarasan dan optimalisasi sudut roda satu sama lain. Sehingga, kendaraan dapat berjalan sejajar dan tidak mempengaruhi cara berkendara atau bahkan membahayakan pengemudi. 

    Tanda Mobil Perlu Wheel Alignment

    Ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan, tanda-tanda ini menunjukan bahwa mobil Anda perlu penyelarasan roda sesegera mungkin. 

    • Mobil Terasa Terlalu Menarik Ke Satu Sisi 

    Salah satu tanda yang paling mudah dikenali adalah saat mobil Anda menepi ke sisi tertentu saat berkendara. 

    Itu normal untuk sedikit menarik ke kiri atau kanan, namun jika Anda harus terus mengarahkan untuk tetap lurus, ini artinya Anda perlu segera membawa mobil ke bengkel. 

    • Roda Kemudi Mati di Tengah

    Kemudi yang bengkok sering kali merupakan tanda kendaraan yang tidak sejajar. Saat Anda berkendara di jalan yang lurus, periksa untuk melihat di mana roda kemudi Anda sejajar. 

    Cara mudah untuk mengidentifikasi ini adalah dengan memeriksa apakah logo di tengah berada di tengah.

    • Mobil atau Roda Kemudi Bergetar

    Saat Anda merasa mobil Anda bergetar saat dikendarai, ini mungkin mengindikasikan beberapa masalah. Salah satunya adalah ketidaksejajaran roda. Segera perbaiki masalah ini dengan membawa mobil Anda ke bengkel.

    Dengan membawawanya ke bengkel, kendaraan Anda akan segera ditangani oleh montir. Hal ini untuk memvalidasi jika penyebabnya adalah ketidakselarasan roda atau masalah lainnya. 

    • Ban jadi Cepat Aus

    Keausan ban adalah indikator lain yang bisa Anda lihat untuk mendeteksi adanya masalah dalam kendaraan. Mirip dengan guncangan mobil, keausan ban yang tidak normal dapat menunjukkan masalah yang berbeda, salah satunya adalah ketidaksejajaran roda.

    Sudut-sudut wheel alignment yang perlu diperhatikan untuk menjaga agar roda tetap lurus adalah sebagai berikut:

    • Toe

    Jika roda mengarah menjauh dari garis tengah ini disebut sebagai Toe Out (juga disebut Negative Toe). Jika roda mengarah ke garis tengah disebut Toe In (juga disebut Positive Toe).

    Seperti camber, toe akan berubah tergantung kecepatan kendaraan. Fungsi dari sudut Toe sendiri adalah untuk memaksa kemudi agar tetap lurus ketika roda tergelincir ke arah lain.