Berita

    Ketahui Jenis Hand Tools Yang Harus Ada Di Mobil.

    Hand tools adalah alat-alat manual yang digunakan untuk berbagai tugas seperti memotong, memasang, menyesuaikan, atau memperbaiki benda tanpa menggunakan alat listrik atau mesin.. Hand tools sangat berguna dan fleksibel untuk digunakan pada berbagai proyek rumah tangga atau konstruksi, dan biasanya lebih mudah dibawa dan digunakan daripada alat-alat listrik.

    Jenis Hand Tools

            1. Kunci

    Yang pertama ada wrench atau yang biasa disebut dengan kunci. Kunci memiliki fungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan mur atau baut. Kunci juga memiliki bentuk yang beragam serta fungsi yang berbeda beda. 

    Yang pertama yaitu ada kunci pas. Kunci ini memiliki ujung terbuka dengan bentuk segi enam dan lebih cocok dipakai untuk menjangkau baut yang terletak di tempat yang cukup sempit namun kurang cocok dipakai pada baut yang keras. 

    Selanjutnya yaitu ada kunci ring. Kunci ini memiliki bentuk ujung berupa segi dua belas atau menyerupai bulatan cincin. Bentuk tersebut memudahkan Anda mengambil atau memasang baut di tempat yang luas tanpa slip. 

    Berikutnya yaitu kunci kombinasi. Sesuai dengan namanya, kunci ini memiliki ujung kombinasi antara kunci pas dan kunci ring. Dengan membawa kunci ini Anda tidak perlu membawa dua jenis kunci.

    Selanjutnya yaitu kunci T yang memiliki bentuk seperti huruf T. Kunci ini memiliki ujung berbentuk tabung dan biasa digunakan untuk memasang mur yang letaknya di dalam lubang. 

            2. Tang

    Perkakas selanjutnya yaitu tang. Jenis hand tools ini mempunyai tiga fungsi utama yaitu mencengkeram, memotong serta memutar. Alat ini bisa dipakai untuk memotong atau memutar kabel. 

    Sama dengan kunci, tang juga terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Yang pertama ada tang pemotong. Tang ini memiliki bentuk diagonal dan dapat berfungsi memotong kabel atau kawat.

    Yang selanjutnya ada tang ujung lancip. Seperti namanya, tang ini memiliki ujung atau moncong lancip fungsinya yaitu untuk menjepit komponen. Tang ini dapat masuk ke celah ruang yang sempit.

    Terakhir ada tang kombinasi yang menawarkan fitur kombinasi. Tang ini dapat digunakan untuk mencengkeram dan memotong kabel atau kawat. Tang inilah yang biasa Anda temukan pada tumpukan perkakas di bengkel.

            3. Obeng

    Tentu ada sudah tidak asing dengan obeng. Alat ini memiliki fungsi untuk membuka dan mengencangkan sekrup. Bentuk ujung dari obeng ini beragam dan digunakan menyesuaikan bentuk kepala sekrup seperti Flat atau Slotted, Phillips, Hex, Torx maupun Allen. Selain itu, terdapat pula obeng listrik.