Berita

    Ketahui Penyebab Rem Mobil Blong & Cara Mengatasinya

    Rem, komponen mobil yang fungsinya tidak kalah penting. Namun masih saja kerap kita temukan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem mobil blong. Kelalaian ini tidak hanya merugikan pengendara mobil. Akan tetapi pengendara lainnya pun bisa terkena imbasnya. Parahnya lagi, kejadian ini bisa menyebabkan orang lain meninggal dunia.

    Namun sebelum itu, ketahui beberapa penyebab terjadinya rem menjadi blong dan cara-cara mengatasinya.  Inilah informasi selengkapnya.

    • Rem Blong Akibat Kurang Minyak

    Akan berakibat batal bila minyak berkurang dan bahkan hingga habis. Penyebab rem mobil blong ini menyebabkan rem tidak bekerja secara maksimal.

    Selain jumlahnya, kualitas rem minyak juga harus diperhitungkan. Jika salah memilih jenis minyak rem, suhu yang dihasilkan pada mesin akan menjadi tinggi. Perubahan suhu yang drastic tersebut bisa mematikan fungsi rem pada mobil.

    • Terjadi Vapor Lock

    Ini akan terjadi jika suhu pada rem mobil mengalami kenaikan sehingga minyak rem mendidih dan menimbulkan uap. Hal itu kemudian menghasilkan gelembung udara pada mesin pengereman. 

    Munculnya gelembung tersebut yang kemudian mengakibatkan rem mobil tidak berfungsi alias blong.

    • Komponen Rem Mengalami Kerusakan

    Mesin pada kendaraan ini memiliki komponen-komponen pendukung. Yang pertama adalah komponen bernama master rem.

    Fungsi dari benda tersebut ternyata sangatlah vital karena dapat mengubah dorongan pedal yang diinjak menjadi hidrolik. Jika master rem tidak berfungsi, rem menjadi blong adalah kejadian yang tidak bisa dihindarkan.

    Kemudian, ausnya kampas rem adalah penyumbang terbesar terjadi rem mobil blong. Ciri-cirinya dapat kita ketahui dengan munculnya suara mendecit saat melakukan pengereman.

    Beberapa penyebab di atas patut kita waspadai. Namun, jika telah terjadi kegagalan dalam sistem pengereman, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini. Itu bertujuan untuk mengurangi kemungkinan kecelakan lalu lintas.

    • Jangan matikan mesin!

    Panik adalah reaksi spontan yang akan kita rasakan saat merasakan gagalnya pengereman mobil. Akibatnya, mematikan mesin dianggap sesuatu yang aman. Sayangnya cara tersebut sangatlah fatal.

    Mematikan mesin justru susah untuk mengendalikan laju kendaraan. Hal ini perlu kamu ingat, apalagi mobil kamu menanamkan sistem power steering.