Berita

    Ketahui Sumber Masalah Power Window Macet

    Di sisi kanan dan kiri mobil dilengkapi dengan jendela yang dapat dibuka atau ditutup dengan menggunakan power window. Tentunya timbul kepanikan tersendiri jika kaca jendela tidak bisa terbuka sama sekali. Power window bermasalah ini biasanya masih berkaitang dengan tombol pembuka jendela mobil tersebut.

    Lalu apa saja yang menyebabkan komponen ini mengalami kerusakan? Yuk, ikuti artikel berikut ini. 

    Apa Sih yang Menyebabkan Power Window Bermasalah?

    Komponen ini adalah komponen yang tersambung dengan sistem listrik pada mobil. Beberapa komponen yang berkaitan dengan komponen ini adalah aki, sekering, saklar, kabel dan sebagainya. Di samping itu, penyebab dari kerusakan komponen pengatur gerak jendela ini dikaitkan dengan beberapa hal ini.

            1. Mengalami Aus pada Motor Penggerak

    Tentunya setiap komponen pada mobil dapat mengalami penuaan seiring dengan berjalannya waktu. Aus adalah salah satu tanda bahwa komponen telah lama digunakan dan ini juga bisa terjadi pada motor penggerak yang terdapat pada sistem power window. Jika hal ini terjadi, kaca pun bisa menjadi macet dan tentunya Anda harus mengganti komponen baru.

            2. Terlalu Sering Menggerakkan Kaca

    Ketika window power ditekan, saklar adalah penghubung yang dapat membuat jendela terbuka dan tertutup. Jika Anda terlalu sering menggerakkan jendela, saklar ini lama-kelamaan dapat mengalami kerusakan dan power window bermasalah.

            3. Kotoran yang Menumpuk

    Walaupun kotoran hanyalah material kecil, jika berkumpul di suatu titik tertentu dapat menimbulkan masalah yang rumit. Misalnya, akan terdengar bunyi aneh ketika mesin memiliki kotoran yang menumpuk.

    Hal ini juga sama terjadi pada rel jendela kaca yang notabenenya memang akan berhadapan langsung dengan kotoran tersebut. Pergerakan kaca bisa tersendat ketika kotoran menumpuk dan tentunya ini juga menghambat kinerja dari window power.

            4. Terjadi Korsleting

    Telah disinggung sedikit sebelumnya bahwasannya window power ini masih terhubung dengan sistem listrik. Untuk itu, sistem pada window power terkhusus bagian saklar dapat mengalami korsleting juga yang pada akhirnya akan mempengaruhi window power untuk menggerakkan jendela.

            5. Mengalami Kerusakan pada Sistem Listrik

    Masih berkaitan dengan kelistrikan, tentunya antara window power dihubungkan dengan beberapa komponen. Nah, jika salah satu komponen pada sistem listrik rusak (misalnya kabel putus), window power tentunya tidak bisa berfungsi dengan baik.

    Bagaimana Cara Merawat Power Window?