Berita

    Musim Hujan Sudah Tiba, Ini Dia Gejala Wiper Mobil Perlu Diganti

    Musim hujan sudah mulai tiba, sudah saatnya mengecek wiper mobil Anda. Karena wiper adalah komponen mobil penting yang membuat Anda bisa berkendara dengan aman. Khususnya di musim hujan. 

    Tanpa wiper visibilitas pengendara akan terganggu dan hal ini sangat berbahaya. Biasanya wiper dapat dipakai selama 6 sampai 12 bulan. Setelah melewati waktu itu sangat dianjurkan untuk mengganti wiper.

    Namun hal ini juga tergantung intensitas pemakaian mobil. Segera cek kondisi wiper kendaraan Anda, apakah masih bisa berfungsi dengan maksimal, atau performanya sudah menurun. 

    Gejala Wiper Mobil Harus Diganti

    Wiper mobil yang harus diganti bisa dilihat dari beberapa gejala kerusakan. Jika Anda menemukan tanda-tanda di bawah ini, berarti wiper kendaraan Anda harus segera diganti. 

    • Gerakan Wiper Tersendat

    Gejala wiper rusak yang paling mudah dikenali adalah gerakannya. Coba aktifkan wiper dan perhatikan gerakannya. Apakah wiper bergerak menyapu kaca mobil dengan lancar, atau gerakan wiper terlihat tersendat-sendat?

    Jika gerakan wiper nampak tersendat, itu berarti sudah waktunya Anda mengganti wiper dengan yang baru. 

    • Batang Wiper Bengkok

    Lihat batang wiper apakah terlihat bengkok atau tidak. Cara mengeceknya bisa dengan menyalakan wiper pada kecepatan rendah. Lalu siram air ke kaca mobil, bagian wiper yang bengkok akan menyisakan area kaca yang tidak tersapu dengan baik. 

    Hal ini karena batang wiper yang bengkok membuat karet pada wiper tidak menapak sempurna ke kaca mobil. Menyebabkan wiper tidak bisa menyapu permukaan kaca sampai bersih dan malah menyisakan garis-garis air. Ini menjadi tanda Anda harus mengganti wiper.

    • Karet Wiper Getas atau Rusak

    Tanda lain dari wiper yang rusak bisa terlihat dari karet wiper. Apabila karet wiper sudah getas yaitu terlihat keras dan pecah-pecah, Anda harus mengganti wiper. Karena karet wiper yang sudah rusak tidak bisa bekerja dengan maksimal.

    Penyebab karet wiper mobil rusak adalah panas dari sinar matahari. Terlebih jika Anda sering memarkirkan mobil di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Selain itu bisa juga disebabkan oleh pemakaian wiper yang cukup sering. 

    Membuat kualitas karet seiring waktu jadi menurun dan akhirnya rusak. Anda bisa mengganti hanya bagian karet wiper saja, jika rangkanya masih dalam kondisi yang bagus.

    • Muncul Suara Berdecit