Berita

    Penting, Ini Dia Tanda-tanda Aki Drop!

    Komponen paling penting pada kendaraan mobil adalah aki. Sehingga jika ada permasalahan pada aki mobil tentu akan mengganggu keseluruhan performa mobil Anda. Salah satu masalah tersebut adalah aki drop yang wajib Anda ketahui tanda-tandanya.

    Untuk mengetahui ciri-ciri aki mobil Anda drop tentu tidak hanya disebabkan oleh satu alasan saja. Maka dari itu, pada artikel di bawah ini akan dijelaskan juga mengenai alasan alasan aki Anda drop.

    Waspada, Ini Dia Tanda-tanda Aki Drop!

    Hal yang perlu Anda ketahui adalah perbedaan aki soak dan aki mobil yang drop. Jika aki soak adalah adanya kerusakan pada sel aki yang disebabkan oleh komponen yang sudah rusak atau tidak layak pakai.

    Sedangkan, aki mobil yang drop adalah aki yang masih sehat namun kurang mendapatkan pasokan energi listrik dari mesin mobil. Maka dari itu, untuk tanda-tandanya pun keduanya memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak di bawah ini:

    • Mesin Mobil Sulit Distarter

    Tanda pertama yang paling jelas dan tentu paling utama yang dapat Anda amati adalah mesin mobil yang sulit untuk dinyalakan. Biasanya, Anda akan kesulitan untuk starter mobil yang mana menjadi ciri aki mobil Anda drop.

    Cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah Anda wajib memeriksa kondisi aki Anda. Namun, pertama-tama Anda harus mematikan komponen kelistrikan pada mobil Anda agar terhindar dari posisi aki yang terkuras.

    • Tegangan Aki Turun

    Kedua, aki drop akan menunjukkan gejala tegangan aki yang turun. Artinya, jika tegangan aki yang normal memiliki output 12,5 V. Sehingga, jika ketika Anda mengecek tegangan aki dan kurang dari tegangan normal berarti ada masalah pada aki mobil Anda.

    Misal, aki mobil Anda memiliki tegangan di bawah 9 V yang biasanya dapat digunakan untuk menyalakan mobil. Maka, hal yang wajib Anda lakukan adalah charge aki mobil Anda agar tegangan dapat kembali pada kondisi normal.

    • Performa Kelistrikan Menurun

    Jika lampu interior mobil Anda meredup, bisa jadi ada masalah pada aki mobil Anda! Performa kelistrikan mobil yang menurun dapat menjadi tanda aki mobil Anda sedang drop berikutnya. 

    Hal tersebut karena ketika aki mobil drop maka yang paling berpengaruh adalah sistem kelistrikan.