Berita

    Sering Disepelekan Pengemudi Mobil, Ini Dia Macam Fungsi dan Jenis dari Sabuk Pengaman Mobil

    Salah satu fitur standar dari mobil adalah Safety Belt atau yang biasa kita sebut dengan sabuk pengaman. Meski membantu orang banyak, nyatanya fitur standar satu ini masih disepelekan sebagian pengendara. Hingga akhirnya berakhir dengan kejadian yang tidak menyenangkan.

    Tahukah kalian? Bahwasanya sabuk pengaman pertama kali diperkenalkan oleh insinyur merk mobil ternama di tahun 1800-an. Inovasinya pun dikenang dan berguna hingga saat ini. Sebenarnya, apa fungsi dari sabuk pengaman?

    Sabuk pengaman berfungsi untuk menahan efek kecelakaan berat. Tidak hanya pengemudi dan penumpang bagian depan. Penumpang belakang juga diwajibkan untuk memakai sabuk pengaman. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan bersama.

    Berdasarkan jenis dan fungsi, sabuk pengaman terbagi menjadi beberapa bagian:

    1. Lap Belt

    Meski jarang ditemukan di mobil baru, Lap Belt atau Sabuk Pangkuan adalah jenis sabuk pengaman paling lama. Meski melindungi bagian pinggang, namun bagian lain seperti badan dan kepala tidak terlindungi oleh sabuk pengaman jenis ini.

            2. Sabuk Pinggang

    Jenis sabuk pengaman ini melindungi bahu dan bagian dari tubuh lainnya. Karena, sabuk pinggang bisa disesuaikan dari bahu penumpang. Fungsinya pun sama, untuk meredam akibat dari kecelakaan.

            3. Sabuk Tiga Titik

    Sabuk pengaman jenis ini dibuat dengan membentang dari bahu, melintasi dada, dan berakhir di pangkuan pengendara. Yang istimewa dari jenis sabuk pengaman ini adalah bisa meredam benturan dari tiga titik badan pengendara.

            4. Belt In Seat

    Ini adalah jenis sabuk pengaman yang bisa kalian temukan di mobil keluaran terbaru. Belt in Seat memiliki jenis yang sama dengan sabuk tiga titik. Namun, sabuk pengaman jenis ini telah diuji dan dikatakan bisa melindungi dari benturan.

            5. Sabuk Lima Titik

    Sabuk lima titik adalah jenis sabuk pengaman yang tidak memberikan kenyamanan bagi pengendara karena tidak bisa bergerak dengan leluasa. Namun, sabuk jenis ini diklaim paling aman dan digunakan dalam bangku khusus anak kecil di dalam mobil.

    Adapun cara memakai sabuk pengaman yang benar adalah dengan memperhatikan posisi duduk di dalam mobil. Tak hanya itu, kalian juga tidak bisa asal menambahkan aksesori di sabuk pengaman. Karena bisa berakibat fatal dalam fungsional sabuk pengaman itu sendiri.

    Jika sabuk pengaman tidak berfungsi dengan baik, resiko terpelanting atau terbentur dengan interior mobil akan lebih besar. Tak hanya itu, terpental hingga keluar kendaraan juga bisa terjadi apabila kalian tidak menggunakan sabuk pengaman dengan baik.