Berita

    Simak Penyebab Lampu Mobil Mati & Cara Mengatasinya

    Lampu mobil mati merupakan masalah yang tidak boleh Anda remehkan. Sebab, ini dapat membahayakan hingga mengancam keselamatan pengguna mobil. Tidak peduli lampu pada bagian mana saja, semuanya harus baik kondisinya sehingga risiko buruk bisa dihindari.

    Jika mobil Anda tengah mendapati kendala ini, maka sebaiknya segera membawanya pada teknisi profesional di bengkel resmi terdekat. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebabnya dan cara mengatasinya seperti yang ada dalam artikel ini!

    Penyebab Lampu Mobil Mati

    Berikut merupakan beragam penyebab yang bisa memicu kematian lampu-lampu pada mobil Anda:

    • Putusnya Sekring

    Kematian lampu bisa disebabkan oleh putusnya fuse atau sekring. Ini biasanya dipicu adanya korsleting listrik karena arus berlebihan atau hubungan pendek. Selain itu, bisa pula karena lampu melebihi standar pabrikan yang mana menambah relay set.

    • Kekendoran dan Kotornya Soket Lampu

    Apabila mendapati lampu mobil mendadak mati, sebaiknya periksa bagian soket atau rumah lampu. Sebab, kotoran sangat mungkin terjebak di sana dan mungkin saja mengendur. Dengan kondisi tersebut, suplai listrik terhalang dan lampu mudah putus.

    • Ketidaktepatan atau Putusnya Bohlam 

    Umumnya, bohlam berkualitas baik memiliki usia pemakaian yang lama walaupun biayanya mahal. Namun kebanyakan orang justru membeli bohlam berkualitas rendah dan mudah putus. Nah, inilah penyebab mengapa lampu mobil Anda mati.

    Selain disebabkan putusnya bohlam, penyebab kematian lampu mobil juga disebabkan ketidaktepatan pemasangan bohlam. Seperti asal-asalan dan melenceng dari soket lampu.

    • Ketidakstabilan Tegangan Kelistrikan

    Penyebab lampu mobil mati pun juga bisa dikarenakan tidak stabilnya tegangan listrik. Untuk mengetahui ketidakstabilan tersebut, Anda dapat menggunakan multimeter atau voltmeter pada kelistrikan mobil. 

    • Relay Mati

    Kematian relay dapat menyebabkan matinya lampu mobil. Apabila lampu menyala ketika Anda menggoyangkan kabel relay, Anda sebaiknya lekas mengganti kabel penghubung di dalam relay.

    • Melelehnya Switch

    Komponen mobil satu ini pun penting karena dapat menjadi pemicu mengapa lampu mobil mendadak mati. Untuk mendeteksi ini, cobalah untuk menjalankan mobil. Jika seret, maka bisa jadi dikarenakan switch meleleh.

    Solusi Lampu Mobil Mati