Berita

    Ini Dampak Membiarkan Tutup Radiator Rusak Tidak Segera Diganti

    Membiarkan tutup radiator rusak sangat berbahaya bagi keselamatan Anda saat berkendara. Untuk itu, jangan biarkan berlarut-larut tanpa diganti agar terhindar dari berbagai dampak seperti di bawah ini.  

    Salah satu komponen kendaraan baik itu mobil atau motor yang membutuhkan penanganan segera jika terjadi kerusakan adalah radiator. Fungsinya sangat penting yaitu menjaga suhu kendaraan tetap sesuai kapasitasnya sehingga tidak terjadi overheat pada mesin.. 

    Pada radiator ini terdapat bagian tutup yang bermanfaat untuk menjaga tekanan air dalam radiator. Bagaimana jika tutup radiator tersebut rusak? Berikut beberapa dampak yang akan terjadi pada kendaraan Anda. 

            1. Air Radiator Bocor

    Pada tutup radiator dilengkapi dengan seal karet yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran air radiator. Jika seal karet ini rusak dan terlihat pecah-pecah. Maka, elastisitas karet akan semakin berkurang hingga akhirnya menjadi robek. 

    Dampak tutup radiator yang rusak di bagian seal karet ini akan membuat komponen yang satu ini tidak bisa menutup dengan rapat di bagian badan radiator. Akibatnya, tutup pada radiator tidak mampu menahan tekanan air sehingga airnya akan menguap dengan cepat. 

            2. Tekanan Air Tidak Seimbang

    Saat mesin mobil dinyalakan, panas yang dihasilkan dari pembakaran mesin akan diserap oleh air. Akibatnya, air radiator akan menjadi semakin panas dan menguap jika tutup radiator tidak bisa menutup dengan sempurna. 

    Sebab, sistem kerjanya adalah membuang air yang panas ke reservoir tank radiator dengan cara membuat katupnya tertutup. Sebaliknya, akan membuka vacuum valve untuk menghisap air pada tangki radiator ketika tekanan mesin pendingin rendah. 

            3. Reservoir Tank Penuh

    Dampak berikutnya jika membiarkan tutup radiator rusak dan tidak segera diganti bisa terlihat dari jumlah cairan pendingin yang ada di dalamnya. Jika reservoir tank selalu penuh dengan air radiator, maka segera cek kondisi tutup radiator pada kendaraan Anda. 

    Begitu pula jika terlihat cairan pendingin yang ada di saluran pendingin dan di dalam radiator semakin berkurang. Maka, segera bawa ke bengkel resmi terdekat agar bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh. 

            4. Mesin Overheat