Berita

    Kenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih

    Karakteristik aki rekondisi merupakan hal yang harus Anda pahami agar tidak tertipu atau salah saat membelinya. Sebab, aki merupakan bagian yang berperan sangat penting, utamanya sebagai pemasok tenaga listrik dalam bermacam komponen mobil.

    Sayangnya, tidak sedikit penjual yang berbuat curang dengan sengaja memberikan aki yang telah dipalsukan melalui rekondisi. Aki seperti itu merupakan barang yang telah lama serta rusak namun mendapatkan perbaikan ulang agar dapat digunakan dan dijual.

    Lazimnya, penggunaan aki tersebut tidak berbahaya. Namun kualitas serta ketahanannya dapat jauh berbeda dibanding aki baru. Sebab, ketahanan aki ini hanyalah kurang lebih 7 sampai 10 bulan.

    Supaya Anda tidak tertipu oleh penjual atau oknum, maka ketahui sejumlah karakteristik dari aki palsu atau rekondisi dalam artikel ini. 

    Karakteristik Aki Rekondisi

    Berikut merupakan poin-poin beserta penjelasan ringkas mengenai sejumlah karakteristik aki palsu atau rekondisi. 

    • Harga Terjangkau

    Karakteristik pertama aki yang telah mengalami rekondisi adalah harga yang jauh lebih murah. Umumnya, harga aki kendaraan atau mobil original atau baru yakni antara Rp600 ribu hingga jutaan.

    Sedangkan, aki yang telah direkondisi dibandrol dengan harga Rp200, atau lebih murah lagi hanya Rp100 ribu. Apabila Anda menemukan aki berharga semurah itu, maka Anda lebih baik berhati-hati dan jangan mudah tergiur dengan selisih harganya.

    • Memiliki Goresan

    Aki original atau masih baru sudah pasti kondisinya mulus. Khususnya pada area terminal positif dan negatif. Sebaliknya, ciri aki rekondisi yakni terdapat goresan pada area tersebut. Itu menandakan bahwa aki telah pernah dipakai.

    Karakteristik lain dari aki yang telah direkondisi ialah bodinya yang terlihat menggembung. Hal ini disebabkan oleh adanya proses kimiawi dalam isinya. Lalu, bagian badan dan tutup aki yang direkondisi pun tidaklah rapat.

    • Garansi Singkat

    Karakteristik aki rekondisi selanjutnya adalah sebentarnya durasi garansi. Sebab, penjual aki tersebut umumnya pantang memberikan garansi dengan durasi terlalu lama.

    Umumnya, durasi yang diberikan pada aki yang telah di rekondisi yakni kurang lebih 3 bulan. Sangat berbeda dengan aki original atau baru karena durasi garansinya dapat mencapai setahun.

    • Kusamnya Warna Aki