Berita

    Pentingnya Mengecek Mur Roda Mobil dengan Tepat

    Mengecek mur roda mobil penting untuk dilakukan agar keamanan dalam berkendara lebih terjamin selama di perjalanan. Maka dari itu, pastikan Anda selalu melakukan pengecekan mur roda secara berkala.

    Mengapa mengecek komponen roda mobil satu ini harus dilakukan dengan tepat? Yuk, ikuti artikel berikut ini agar lebih paham penjelasan detailnya!

    3 Alasan Harus Mengecek Mur Roda Mobil dengan Tepat

    Ada beberapa poin yang perlu Anda pahami tentang alasan pengecekan mur roda sangat penting untuk dilakukan. Berikut beberapa poin daftarnya di bawah ini!

    • Menjaga Roda Terpasang dengan Benar

    Setiap mobil memiliki spesifikasi ban yang berbeda-beda sehingga tidak semua jenis mur yang ada cocok digunakan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui ukuran mur yang akan dipasang di roda mobil Anda.

    Dengan mengecek ukuran yang tepat, ini bisa membuat proses pemasangan mur roda Anda terpasang dengan benar. Hal ini juga akan menghindari mur terlepas yang bisa menghilangkan kestabilan roda saat berputar.

    • Memastikan Kondisi Kendaraan dalam Keadaan Baik

    Pengecekan mur roda mobil secara berkala dilakukan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik. Sehingga Anda bisa melakukan perjalanan jauh yang nyaman dan aman.

    Cara ini juga sangat membantu untuk menghindari resiko komponen kendaraan rusak parah. Sebab, seringkali mobil yang diservis diakibatkan kelalaian pengguna mobil yang jarang mengecek kondisi mobilnya secara rutin.

    • Mengurangi Risiko Kecelakaan

    Mur ban mobil yang dipasang terlalu kencang atau kelonggaran, akan menyebabkan bagian komponen tersebut rusak. Akibatnya, hal ini bisa membahayakan kendaraan Anda terutama saat perjalanan jarak jauh.

    Dengan melakukan pengecekan mur roda secara tepat, tentu ini dapat mengurangi risiko kecelakaan. Perjalanan Anda pun akan terasa lebih nyaman karena komponen ban yang terpasang dengan sempurna.

    Kapan Harus Mengecek Mur Roda?

    Secara umum, kekencangan mur pada ban mobil Anda harus dicek setiap kendaraan telah menempuh 10.000 km perjalanan. Namun, Anda juga harus melakukan pengecekan secara rutin sesuai dengan rekomendasi produsen.

    Mengecek Mur Roda Mobil dengan TepatFreepik.com

    Sebaiknya, lakukan pengecekan sebelum kendaraan akan digunakan. Ini akan memastikan kondisi roda tetap sesuai standar sehingga dapat memberikan perjalanan terasa nyaman dan aman.

    Cara Mengecek Kekencangan Mur Roda

    Mengingat pengecekan mur ban mobil sangat penting, maka Anda perlu mengetahui juga bagaimana cara mengecek kekencangannya secara mandiri. Berikut panduan yang bisa Anda lakukan!

    • Siapkan Alat

    Alat yang dibutuhkan untuk mengecek mur ban mobil ialah kunci torsi. Namun, pastikan kunci torsi yang Anda gunakan memiliki pengukuran yang tepat sesuai standar pengukur kekencangan mur.

    Contohnya seperti ukuran mur 21mm, maka mur tersebut harus dikencangkan dengan standar kekencangan sekitar 107 N.m atau 11 kg.f. Pastikan setiap mur yang digunakan dikencangkan sesuai ukurannya, ya!

    • Atur Kekencangan Mur

    Selain menggunakan alat yang sesuai, teknik pemasangannya juga harus diperhatikan dengan cara mengencangkan mur secara menyilang. Hindari pemasangan secara berurutan saat memutar mur pada roda mobil Anda.

    Lakukan pengencangan mur secara hati-hati, agar tidak merusak bagian mur maupun komponen ban lainnya. Sementara untuk melepaskan mur rodanya, longgarkan secara tepat untuk memastikan tekanan yang mengikat mur ke velg roda tersebar merata.

    Demikian penjelasan mengapa mengecek mur roda mobil sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Begitu pun dengan cara pengecekannya secara mandiri sehingga bisa Anda lakukan secara rutin.