Berita

    Kenali Ciri Kampas Rem Habis

    Seperti sebelumnya, bila kampas rem habis, maka akan berpengaruh ke sistem pengereman yang nantinya akan berujung bahaya. Apa saja ciri kampas rem yang habis yang perlu diperhatikan dan dicek?

    Ciri dan Tanda Kampas Rem Habis

    Kampas rem memang harus segera diganti saat telah habis. Bagaimana cara mengetahui apakah kampas rem memang sudah habis dan perlu diganti? Berikut tandanya.

    • Volume Minyak Rem yang Berkurang

    Ketika Anda ingin bepergian dan mengecek semua komponen mobil secara menyeluruh, Anda bisa mengecek juga volume minyak rem. Ini bisa menjadi salah satu tanda yang perlu diperhatikan. Anda bisa membuka bagian kap mobil untuk mengecek minyak rem. 

    Minyak rem yang habis bisa berakibat buruk pada mesin karena mendorong piston untuk bergerak dan bisa terdorong keluar. Kondisi ini akan berdampak pada bertambahnya ruang hidrolik pada kapiler.

    • Ada Suara Berdecit

    Tanda yang paling mudah untuk diketahui adalah muncul suara berdecit saat menginjak pedal rem. Bunyi ini terjadi karena adanya gesekan antar besi atau logam.

    Oli yang berfungsi sebagai pelumas malah habis dan bisa menimbulkan gesekan satu komponen dengan yang lainnya. Besi yang saling bergesekan pasti akan membuat mobil rusak.

    • Rem Tidak Pakem Saat Digunakan

    Tanda lain untuk mengetahui bahwa kampas rem habis adalah saat Anda berkendara dan mengerem, akan terasa tidak pakem. Hal ini terjadi karena tekanan yang tidak merata pada kampas rem.

    Ini menghasilkan tenaga yang dikeluarkan tidak maksimal walapun Anda menginjak pedal rem semakin dalam. 

    Bila kondisi ini terjadi, Anda harus segera mengganti kampas rem agar tidak membahayakan. Tentu tidak hanya memberi dampak bahaya buat Anda tetapi juga pengguna jalan lain.

    • Saat Menginjak Pedal Rem, Terasa Lebih Dalam Dari Biasanya

    Mungkin Anda sudah merasa menginjak rem dalam-dalam, namun hasilnya belum maksimal. Apa yang terjadi?

    Dalam sistem rem, ada pegas pengembali. Dan dalam hal ini kampas sangat berperan karena membuat rem kembali pada posisi semula. Saat habis, gerakan tromol harus ditekan lebih jauh, dan inilah yang menyebabkan masalah tadi.

    • Pedal Terasa Bergetar Saat Diinjak

    Pernah merasakan pedal rem bergetar? Ini disebabkan karena permukaannya yang tidak rata dan menyebabkan cakram rem tidak bisa mencengkeram sempurna.