Berita

    Ketahui Tips Mencegah Mesin Mobil Overheat Saat Perjalanan Jauh

    Mobil overheat menjadi salah satu masalah yang dapat dialami siapa saja. Mesin yang overheat disebabkan karena kondisi suhu di mesin terlalu tinggi. Salah satu penyebab yang paling umum adalah perjalanan jauh dan memaksa mobil bekerja dalam waktu lama. 

    Selain itu penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena masalah pada mesin mobil. Sebagai pengendara, mengetahui langkah pencegahan mesin overheat menjadi sebuah hal penting. 

    Cara Mencegah Mobil Overheat

    Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan agar bisa mencegah mesin mobil mengalami overheat, antara lain:

            1. Mengontrol Radiator Secara Terus Menerus

    Risiko overheat mesin bisa menjadi semakin tinggi bila mesin dibiarkan dalam kondisi menyala. Lebih-lebih jika AC juga dibiarkan menyala begitu saja. agar bisa mengatasinya, Anda dapat mengontrol radiator serta memastikan air radiator berada dalam batas maksimal. 

    Agar aman, pastikan menggunakan air khusus radiator. Anda juga harus memastikan sirkulasi air radiator berjalan dengan lancar. Umumnya, sirkulasi air terhambat karena terdapat sumbatan karat, tumpukan kerak dan lainnya. 

    Salah satu hal yang harus diingat adalah, air radiator ini begitu panas, saat mengecek radiator, pastikan mesin dalam kondisi dingin, bila tutup radiator dibuka, tetapi mesin dalam kondisi panas, air radiator bisa menyembur. 

            2. Matikan Mobil

    Bila Anda sedang menempuh perjalanan panjang serta terjadi kemacetan selama berjam-jam, lebih baik matikan mesin. Anda dapat mencari tempat istirahat yang aman serta nyaman untuk memarkirkan mobil. 

    Salah satu hal yang harus diingat, mendinginkan mesin tidak cukup bila hanya mematikan mesin serta memarkirkan mobil di tempat teduh, tetapi pengendara harus membuka kap sehingga udara panas yang berada di dalam area mesin dapat berganti dengan udara segar. 

            3. Pastikan Kipas Berfungsi dengan Optimal

    Kipas radiator mempunyai fungsi sebagai pendingin radiator sehingga proses pendinginan mesin dapat berjalan dengan maksimal. Radiator bisa mudah panas dan mesin mudah overheat bila kipas tidak bekerja secara maksimal. 

    Oleh sebab itu, pastikan putaran kipas berjalan dengan maksimal. Bila terjadi gejala abnormal di putaran kipas, Anda bisa segera menepi serta menghubungi mekanik agar memeriksanya.

    Cara Mengatasi Mobil Overheat