Berita

    Kiat Membersihkan Bagian Plafon Mobil yang Efektif

    Kebersihan mobil menjadi nilai tambah yang bisa menimbulkan rasa nyaman saat berada di dalam mobil. Itu sebabnya kebersihan eksterior dan interior kendaraan harus selalu dijaga. Sayangnya, salah satu interior yang kerap luput dari pantauan adalah plafon mobil. 

    Membersihkan Bagian Plafon Mobil

    Saat membuka kaca jendela mobil, secara otomatis banyak debu dan kotoran yang masuk dan mengenai plafon. Jika tidak segera dibersihkan, maka plafon kendaraan akan sulit untuk dibersihkan. 

    Cara membersihkannya pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memperhatikan jenis kotoran yang menempel dan bahan material dari plafon itu sendiri. Berikut kiat seputar cara yang efektif dalam membersihkan plafon pada mobil. 

    Berdasarkan Kotoran yang Menempel

    Kotoran dan debu yang menempel pada plafon akan mengganggu pemandangan sehingga kenyamanan pun terganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan plafon mobil yang disesuaikan dengan jenis kotoran yang menempel. Berikut ulasannya.

            1. Debu

    Cara yang tepat untuk membersihkan debu di plafon adalah dengan menyikatnya tanpa menggunakan air. Gunakan sikat yang lembut dan sikat dengan gerakan yang searah. 

    Hindari menggunakan sikat basah karena hal itu hanya akan membuat plafon terlihat semakin kotor. Sebab, debu tersebut akan menyatu dengan air dan pada saat disikat, kotoran tersebut akan semakin menyebar. 

            2. Noda Ringan

    Untuk plafon yang terkena noda ringan bisa dibersihkan menggunakan sikat yang lembab dengan sedikit deterjen. Caranya adalah, tuang deterjen ke air, biarkan selama 3 menit dan jangan diaduk. 

    Kemudian, celupkan sikat dengan bulu lembut dan hentakkan sikat hingga larutan deterjen terbuang dan sikat menjadi lembab. 

    Pastikan sikat sama sekali tidak berbusa saat akan digunakan untuk menggosok bagian plafon mobil yang terkena noda. 

            3. Jamur

    Alat yang dibutuhkan untuk membersihkan langit-langit mobil yang berjamur diantaranya adalah cairan pembersih, sikat gigi, dan lap kering. Cara membersihkannya adalah: 

    • Celupkan sikat ke cairan pembersih.
    • Gosokkan sikat secara searah jika bahan plafon terbuat dari beludru atau kain lembut. 
    • Gosokkan sikat dengan dengan gerakan memutar jika bahan material plafon terbuat dari fabric atau kulit. 
    • Bersihkan sisa cairan pembersih dengan menggunakan lap kering atau tisu.