Berita

    Prinsip Kerja Rem Mobil yang Penting Diketahui

    Pada dasarnya, prinsip kerja dari rem mobil adalah hal penting yang perlu Anda ketahui. Apalagi jika saat ini Anda sedang bergelut dalam bidang otomotif. 

    Seperti yang kita ketahui bahwa, rem mobil merupakan salah satu komponen vital dimana fungsi utamanya untuk melakukan pemberhentian ketika sedang mengendarai kendaraan sehingga komponen ini harus berfungsi secara maksimal.

    Prinsip Kerja Sistem pada Rem Mobil

    Pada dasarnya prinsip kerja rem mobil yaitu mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi panas. Perubahan energi ini terjadi karena adanya gesekan antara cakram dan brake pads atau antara cakram dan brake shoes.

    Untuk mengatasi adanya energi panas berlebihan, maka harus dilengkapi dengan sistem pendinginan yang cukup. Proses pendinginan ini biasanya terjadi dengan bantuan udara bebas di sekitar ban mobil.

    Jika terdapat panas berlebihan, brake pads atau brake shoes bisa mengeras. Hal ini dapat membuat sistem kerja rem mobil tidak dapat berfungsi dengan baik. Pada dasarnya ada 3 jenis rem, yaitu:

    • Rem kaki, berfungsi untuk menghentikan mobil saat melaju, dan mengontrol kecepatan mobil.
    • Rem tambahan, yang berfungsi untuk membantu rem kaki saat menghentikan mobil.
    • Rem parkir, yang biasanya digunakan pada saat parkir atau mobil dalam situasi darurat.

    Komponen Sistem Rem Mobil dan Cara Kerjanya

    Agar prinsip kerjanya bisa berjalan dengan baik, tentunya rem harus dilengkapi oleh beberapa komponen lainnya. Beberapa komponen tersebut diantaranya sebagai berikut.

            1. Disc Brake

    Komponen ini menggunakan cakram sebagai material utamanya. Ketika rem berfungsi, cakram akan berotasi bersama dengan roda mobil.

            2. Mater Rem

    Fungsi dari komponen ini yaitu menerima tekanan dari pedal rem. Tekanan tersebut nantinya akan diteruskan ke disc brake atau tromol dengan bantuan minyak rem.

            3. Drum Brake

    Komponen ini memiliki material utama tromol, berfungsi untuk memperlambat kecepatan ban saat direm. Untuk bisa berfungsi maksimal, tromol harus mendapat tekanan dari brake shoe dan pedal rem.

            4. Pedal Rem

    Pedal rem atau brake pedal merupakan komponen yang terhubung langsung dengan mobil. Komponen ini yang biasa Anda injak saat melakukan pengereman.