Berita

    Throttle Body: Fungsi dan Pentingnya dalam Mengatur Aliran Udara ke Mesin

    Dalam sebuah mobil, ada berbagai komponen yang saling terhubung demi memaksimalkan kinerjanya, salah satunya adalah throttle body pada mobil. Komponen ini bekerja sebagai penyalur udara ke ruang pembakaran yang membantu pembakaran bahan bakar mesin.

    Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa throttle body adalah salah satu komponen krusial yang harus diketahui fungsi, cara kerja, hingga cara merawatnya.

    Fungsi Throttle Body pada Mobil

    Dari pengertian tentang throttle body yang telah Anda ketahui, maka sudah jelas bahwa fungsi dari komponen ini sendiri adalah untuk menyalurkan udara pada proses pembakaran mesin. 

    Apabila tidak ada throttle body mobil, bisa dipastikan mobil tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena selain menyalurkan udara, komponen ini juga berfungsi untuk mengontrol jumlah udara.

    Cara Kerja Throttle Body pada Mobil

    Throttle body dapat bekerja dengan cara menerima udara yang masuk dan lalu menyalurkannya ke dalam ruang pembakaran atau intake manifold. Di dalam ruang tersebut, terjadi proses pencampuran antara udara dan bahan bakar.

    Selanjutnya, akan ada sensor pada komponen yang bertujuan untuk mendeteksi jumlah atau volume udara yang dapat masuk sesuai dengan berapa banyak bahan bakar yang dibakar.

    Semakin banyak udara yang masuk, maka semakin banyak pula bahan bakar yang akan dibakar. Dengan demikian, mobil yang dikendarai pun dapat melaju dengan kencang.

    Cara Merawat Throttle Body pada Mobil

    PExels.com

    Perawatan pada throttle body sangat perlu untuk dilakukan demi menjaga kinerja mobil tetap maksimal sehingga mobil tersebut bisa tetap awet. 

    Berikut adalah beberapa cara merawat throttle body mobil yang bisa Anda lakukan:

    • Rutin Bersihkan

    Untuk merawat throttle body mobil, Anda haruslah rutin membersihkan komponen tersebut. Lepas throttle body dengan benar dan hati-hati, lalu semprot dengan cairan khusus dan diamkan sesaat. 

    Setelah didiamkan, lap throttle body dengan kain fiber sampai komponen menjadi bersih. Kemudian, pasang throttle body ke tempat semula agar dapat digunakan kembali.

    • Servis Secara Berkala

    Servis secara berkala adalah hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kinerja mobil tetap baik dan maksimal. Salah satu komponen yang penting untuk diservis secara berkala adalah throttle body pada mobil.