Berita

    Tips Perawatan Ban Mobil yang Jarang Diketahui

    Setiap komponen pada mobil memang perlu dirawat dengan baik, supaya kondisinya tetap prima dan fungsinya berjalan dengan optimal. Hal ini juga termasuk komponen ban mobil, sehingga cara merawat ban mobil pun perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan.

    Lantas, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan dalam merawat ban mobil? Intip penjelasannya dalam artikel berikut dan pastikan ban mobil Anda selalu dalam kondisi baik!

    Cara Merawat Ban Mobil

    Ini adalah berbagai cara dan tips untuk merawat ban mobil Anda, pastikan setiap poinnya diperhatikan dan dilakukan dengan baik sehingga hasil perawatannya pun optimal!

    • Periksa Tekanan Ban secara Teratur

    Cara pertama yaitu dengan melakukan pemeriksaan tekanan ban secara rutin. Ini merupakan langkah yang terbilang cukup mudah dan sederhana, namun tetap saja kurang diperhatikan bagi sebagian pemilik mobil.

    Pastikan bahwa tekanan ban mobil Anda selalu berada dalam batas ideal atau normal, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

    Jika tekanan bannya sudah mulai berkurang, maka Anda perlu melakukan pengisian angin. Pastikan Anda melakukan perawatan pertama ini dengan dengan rutin, bisa dilakukan sekali dalam satu bulan atau dua minggu.

    • Hindari Jalanan yang Rusak

    Cara merawat ban mobil yang selanjutnya yaitu dengan menghindari jalanan yang rusak atau tidak rata. Ketika sedang berkendara, mungkin saja berbagai kondisi jalanan memang tidak bisa dihindari.

     

    jalan rusak

    iStock

    Namun, jika memungkinkan, maka jalanan yang rusak sebaiknya dihindari secara optimal. Ada baiknya untuk memilih jalan lain yang lebih mulus, atau berusaha memilih jalur yang lebih aman bagi ban mobil.

    Jalanan yang rusak, bisa membuat ban mobil semakin mudah menjadi gundul, atau bahkan bisa berisiko pecah.

    • Gunakan Ban yang Sesuai

    Kedua, penting bagi Anda untuk memperhatikan pemilihan dan penggunaan ban, pastikan bahwa Anda telah memakai ban dengan ukuran dan tipe yang sesuai.

    Penggunaan ban tentunya dapat disesuaikan dengan jenis mobil, karena setiap jenis mobil memiliki standarnya masing-masing. Selain itu, penggunaan ban juga dapat dipilih berdasarkan fungsi dari kegiatan berkendara dan kebutuhan mobil Anda.

    Standar ban yang disarankan biasanya tertera dalam buku panduan, atau Anda bisa bertanya kepada teknisi ahli jika masih ragu dalam memilih ban mobil.

    • Perhatikan Kapasitas Muatan Mobil

    Setiap jenis mobil memiliki batas maksimal kapasitas yang perlu diketahui dan dipatuhi oleh penggunanya.

    Pastikan bahwa Anda tidak membawa muatan yang melebihi batas kapasitas setiap kali berkendara. Jika muatan mobil berlebihan, maka ban mobil pun perlu melakukan tugasnya dengan lebih ekstra.

    Apabila hal tersebut terus dibiarkan dalam waktu panjang, maka bisa berpengaruh terhadap kondisi dan masa pakai dari ban mobil.

    Selain itu, penggunaan bahan bakar pun dapat lebih boros jika kapasitas mobil terlalu banyak, atau bahkan melebihi batas maksimal.

    Maka dari itu, cara merawat ban mobil yang perlu diperhatikan yaitu dengan memperhatikan muatan mobil dan memastikannya tidak melebihi batas maksimal.

    • Pastikan Rutin Melakukan Rotasi

    Selanjutnya, penting juga untuk melakukan rotasi ban mobil secara berkala. Rotasi ini diperlukan supaya beban yang diterima dari setiap ban dalam sebuah mobil bisa jadi berbeda.

    Maka dari itu, posisi ban perlu ditukar atau dirotasi, sehingga keempat ban bisa lebih seimbang dalam menahan beban perjalanan.

    Itulah berbagai tips yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin selalu menjaga kondisi ban mobil Anda. Ada berbagai tips di atas yang berawal dari kebiasaan berkendara, sehingga hal ini sebaiknya dibiasakan sejak dini, sehingga perawatan ban dapat dilakukan secara optimal.