Berita

    Featured Image

    Tips Service Mobil di Bengkel Resmi untuk Pertama Kalinya

    Anda harus memahami apa saja tips service mobil baru agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Pasalnya, sebagian besar pemilik kerap mengabaikan jadwal servis di bulan pertama karena beranggapan mobil baru yang dimiliki dalam kondisi prima. 

    Faktanya, pihak dealer biasanya memberikan bonus berupa biaya servis gratis untuk beberapa periode. Sebenarnya, komponen apa saja yang diperiksa saat servis pertama dan apa manfaatnya? Berikut penjelasannya. 

    Tips Service Mobil Pada Bengkel Resmi yang Pertama Kalinya

    Besarnya biaya servis terkadang membuat pemilik kendaraan enggan untuk melakukan perawatan kendaraan secara rutin. Tenang, Anda bisa menghemat biaya servis tersebut dengan cara menerapkan tips-tips berikut ini. 

    1. Servis di Bengkel Resmi

    Hindari melakukan servis rutin kendaraan di sembarang bengkel, apalagi di bulan pertama setelah pembelian mobil baru. 

    Sebaiknya, lakukan servis di bengkel resmi terdekat karena biasanya pihak dealer memberikan bonus berupa gratis servis selama periode tertentu. 

    Selain itu, jangan lupa untuk melakukan servis sesuai dengan jadwal yang telah dianjurkan oleh pihak dealer atau bengkel resmi. Sebab, jika tidak sesuai dengan jadwal ada kemungkinan bonus gratis servis akan hangus. 

    1. Manfaatkan Promo, Diskon, atau Paket Servis Murah

    Pihak bengkel resmi biasanya menggelar promo bagi para pelanggan, seperti diskon untuk servis tertentu atau paket servis murah. Untuk itu, manfaatkan promo yang sering diadakan setiap bulan untuk lebih menghemat biaya servis.   

    1. Penggunaan Bahan Bakar Sesuai Anjuran Pabrik

    Setiap pabrikan biasanya menyertakan anjuran penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan kriteria kendaraan. Untuk itu, sebaiknya ikuti anjuran tersebut karena bahan bakar yang tidak sesuai kriteria berpotensi merusak mesin. 

    Manfaat Melakukan Servis Mobil di Bulan Pertama

    Manfaat Melakukan Servis Mobil di Bulan Pertama

    Sebenarnya, dengan menerapkan ketiga tips service mobil tersebut merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika servis mobil di bengkel resmi adalah: 

    1. Kinerja kendaraan bisa dipertahankan secara optimal. Sebab, dengan melakukan servis pertama sesuai jadwal membuat mekanik yang bertugas bisa memastikan semua komponen dan sistem kendaraan berfungsi sebagaimana mestinya. 

    2. Keamanan dalam kendaraan semakin meningkat. 

    3. Dengan melakukan servis pertama sesuai jadwal sama artinya dengan mempertahankan garansi servis mobil. Sebab, rata-rata produsen otomotif mensyaratkan servis pertama agar garansi servis tetap berlaku. 

    4. Dengan melakukan servis sama artinya dengan membantu memperpanjang usia kendaraan karena bisa mendeteksi secara dini jika ada masalah yang terjadi pada mobil Anda. 

    5. Melakukan servis secara rutin juga akan mempertahankan nilai kendaraan Anda karena catatan servis bisa dijadikan bukti bahwa mobil dirawat dengan baik. 

    Komponen yang Dicek Saat Servis Pertama Kali

    Tujuan dari servis di bulan pertama ini adalah untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima. Pemeriksaan yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan servis pada umumnya. 

    Beberapa komponen yang dicek pada saat servis pertama kali diantaranya adalah sebagai berikut: 

    1. Mengecek sistem mesin secara menyeluruh mulai dari oli mesin, filter bahan bakar, sistem pendingin, dan filter udara. 

    2. Mengecek sistem kelistrikan yang meliputi klakson, lampu, kaca depan, dan sistem kelistrikan lainnya. 

    3. Sistem rem, meliputi pengecekan terhadap kebocoran pada sistem rem, keausan rem cakram, dan tingkat ketebalan kampas rem.

    4. Sistem suspensi, meliputi pemeriksaan terhadap per daun dan bantalan suspensi. 

    5. Sistem kemudi, meliputi pengecekan tingkat keausan pada komponen kemudi dan keseimbangan roda.

    6. Pengecekan terhadap sistem bahan bakar mulai dari saluran, tangki, hingga pompa bahan bakar. 

    7. Mengecek kondisi ban dan velg mulai dari memeriksa tekanan angin pada ban, tingkat keausan ban, hingga kondisi velg

    Itulah informasi seputar tips service mobil di bengkel resmi yang bisa diterapkan ketika membeli mobil baru. Setidaknya, dengan memahami tips-tips tersebut membuat Anda mengerti apa saja komponen yang diperiksa dan manfaatnya.