Berita

    Ketahui 6 Jenis Kunci Bengkel & Fungsinya

    Beragam jenis kunci bengkel & fungsinya perlu Anda ketahui dan pahami, terutama jika Anda memutuskan akan terjun pada bidang perbengkelan ataupun mempunyai kendaraan. Karena untuk melakukan reparasi kendaraan, sangat berbagai kunci bengkel ini.

    Sekalipun Anda tidak bekerja di bengkel, pengetahuan akan kunci bengkel ini akan membantu Anda belajar melakukan perbaikan sendiri ketika kendaraan yang Anda miliki mengalami kerusakan minor.

    Jenis Kunci Bengkel & Fungsinya

    Setidaknya ada 6 jenis kunci bengkel yang perlu Anda tahu dan pahami, bahkan memilikinya di rumah untuk memperbaiki mobil atau motor. Berikut adalah kesebelas jenis kunci bengkel yang wajib Anda ketahui.

    • Kunci Inggris

    Hampir sebagian besar orang tahu jenis kunci ini. Kunci Inggris merupakan jenis kunci yang sangat sering dipakai. Fungsi dari kunci ini sendiri yaitu untuk melepas atau mengencangkan mur dan baut. 

    Terlebih jika hal tersebut tidak dapat diselesaikan menggunakan kunci ring ataupun kunci pas, karena tidak adanya ukuran yang pas. Dengan kunci inggris Anda bisa menyelesaikannya sesuai baut ataupun mur dengan menggeser rahang pada kunci inggris. 

    Cara kerja kunci cukup sederhana. Anda hanya perlu memutar dahulu sekrup pengatur, sehingga Anda bisa mengubah ukuran pada rahang kunci menjadi lebih besar atau lebih sempit. Kemudian Anda sudah bisa melepas atau mengencangkan baut atau mur.

    • Kunci Ring

    Kunci ring memiliki bentuk kunci yang heksagonal. Kunci ini berfungsi untuk menjangkau baut ataupun mur di area yang sempit. Desain rahangnya yang mengikuti konstruksi baut membuat daya cengkram kunci ring sangat kuat.

    Dengan begitu, Anda bisa menggunakan untuk membuka baut atau mur dengan kekuatan maksimal. Bagian gagangnya yang lebih panjang membuat gaya tuas pada kunci ini menjadi lebih besar.

    • Kunci Pas

    Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama seperti kunci ring. Hanya saja kunci satu ini mempunyai kelebihan di mana dia bisa membuka baut atau mur yang sisi-sisinya dilapisi sesuatu. Biasanya baut atau mur jenis ini tidak bisa dilepas menggunakan kunci ring.

    Selain itu, kelebihan dari kunci pas adalah kunci ini sangat mudah digunakan dan lebih rekat ke mur atau baut. Sangat penting untuk mengetahui kunci bengkel & fungsinya ini, agar Anda bisa tahu kebutuhan akan alat manakah yang diperlukan!

    • Kunci Ring Pas