Berita

    Ketahui Waktu yang Tepat dalam Mengganti Oli Mobil Bertransmisi Manual

    Oli mobil transmisi manual adalah salah satu jenis oli yang digunakan untuk mengoptimalkan fungsi kopling dan pemindah gigi. Banyak orang mungkin jarang memberikan perhatian khusus pada oli ini. Namun, Anda tetap harus melakukan ganti oli mobil transmisi manual di waktu tertentu.

    Anda dapat menemukan beberapa tanda untuk mengetahui apakah oli mobil transmisi manual harus diganti atau tidak. Untuk itu, perhatikan dengan seksama penjelasan berikut ini.

    Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil Transmisi Manual

    Berbeda seperti oli mesin yang selalu diganti secara rutin, jenis oli ini tidak perlu diganti sesering mungkin. Anda bisa menggantinya ketika mengalami hal seperti di bawah ini.

    • Menempuh Jarak Tertentu

    Membeli mobil tentunya sepaket dengan buku panduan yang bisa Anda gunakan jika ingin mengetahui tentang mobil. Di dalam buku ini biasanya dituliskan pada jarak berapakah yang harus ditempuh mobil agar oli mobil transmisi manual dapat diganti. Namun, pergantian oli dapat dilakukan dalam jarak yang lebih pendek.

    • Transmisi Menimbulkan Bunyi 

    Bunyi aneh yang muncul ketika mengendarai mobil selalu menjadi pertanda bahwa telah terjadi sesuatu pada mobil Anda. Oli mobil transmisi manual yang sudah tidak prima dapat menimbulkan bunyi juga sebagai akibat dari koneksi antar gir. Biasanya bunyi berasal dari bagian bawah mobil.

    • Terjadi Perubahan Warna Oli

    Merah muda dan kemerah-merahan adalah warna oli mobil transmisi manual yang masih dalam keadaan oke untuk dipakai. Warna oli yang berubah menjadi kehitam-hitaman menandakan bahwa Anda harus melakukan pergantian.

    Alasan harus diganti, karena oli dengan warna seperti itu menunjukkan kalau kinerjanya tidak akan optimal lagi. Filter yang telah kotor juga bisa jadi penyebabnya.

    • Kesulitan dalam Memasukkan Gigi

    Seperti yang diketahui, oli mobil transmisi manual berperan dalam sistem kerja transmisi. Tentunya, saat terjadi kejanggalan pada sistem ini, kualitas oli transmisi manual dapat diduga sebagai penyebabnya. 

    Ketika Anda mengalami kesulitan dalam mengoper gigi, Anda bisa mencoba untuk ganti oli mobil transmisi manual diiringi juga oleh pergantian garden.

    • Timbul Getaran

    Kondisi oli mobil transmisi manual yang tidak mumpuni lagi dapat dirasakan ketika timbul getaran saat menyentuh persneling di posisi idle atau stasioner. Oli ini memang bukan satu-satunya penyebabnya sehingga ketika ini terjadi Anda harus membawanya ke bengkel karena memberi rasa tidak nyaman.

    Cara untuk Memeriksa Oli Mobil Transmisi Manual