Berita

    Pahami Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt pada Mobil

    Bagi para pemilik kendaraan khususnya pemilik mobil tentu sudah harus memahami apa saja komponen yang ada pada kendaraan mereka. Dimana pada mobil terdapat 2 komponen yang memiliki peran yang cukup vital pada mobil yaitu timing belt (TB)  dan Fan belt (V-belt).

    Adapun peran dari kedua belt ini adalah untuk menyambungkan berbagai elemen atau komponen mesin yang ada pada mobil hingga dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

    Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut terkait perbedaan kedua belt ini serta bagaimana fungsinya pada mobil Anda

    Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt pada mobil?

    Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip tetapi kedua komponen tersebut memiliki peranan masing-masing yang tentunya sangat berbeda.

    Dimana TB  digunakan untuk memutar bagian mesin internal seperti crankshaft ke camshaft. Sedangkan fan belt untuk menghubungkan komponen seperti AC, alternator dan lainnya. Ada 4 perbedaan yang dapat Anda simak, sebagai berikut:

            1. Cara Kerja yang Berbeda

    Timing belt berfungsi sebagai pengatur waktu untuk pembakaran serta pada proses pembuka dan penutup katup di mesin mobil, Sedangkan V-belt fungsinya untuk memberikan energi dari mesin mobil ke komponen seperti alternator, kompresor, kipas dan komponen lainnya.

            2. Bentuk Sabuk yang Berbeda

    Bentuk sabuk pada kedua belt ini sangatlah berbeda. Dimana pada TB memiliki sabun dengan bentuk yang bergerigi agar putaran crankshaft dan camshaft dapat selaras karena saling berkaitan dengan waktu saat akan membuka dan menutup katup.

    Proses pemasangan pun tidak boleh asal-asalan karena di setiap pulley sudah ada tanda khususnya.

    Sedangkan bentuk sabuk pada v-belt berbentuk runcing di bagian ujungnya dan lebih pendek jika dibandingkan dengan sabuk penggerak lainnya.

    Dimana ketika ada komponen tambahan yang perlu atau akan digerakkan, maka jalur pulley pun harus ditambahkan dan memasang v-belt sendiri.

            3. Fungsi Sabuk yang Berbeda

    TB yang terletak pada bagian mesin demi menjaga agar crankshaft dan camshaft tetap terhubung, karena bekerja di waktu yang bersamaan saat menutup katup mesin mobil.

    V-belt juga berada pada bagian dalam mesin mobil juga, hanya saja v-belt berfungsi sebagai penghubung antara crankshaft dengan komponen lain yang berada di luar mesin mobil seperti AC dan kompresor untuk memberikan energi supaya tetap berjalan dengan lancar.