Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Mendadak

    Sering mendapati mobil yang Anda kendarai tiba-tiba mati ketika sedang di jalan? Mobil memang bisa mogok tiba-tiba jika tidak pernah Anda rawat. Namun, Anda tidak perlu panik sebab hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab. Lalu, apa yang menyebabkan mesin mobil mati dan bagaimana mengatasinya? Berikut ulasannya.

            1. Bahan Bakar Habis

    Salah satu hal yang bisa menyebabkan mobil Anda tidak mau jalan adalah mobil kehabisan bensin. Ketika berkendara mungkin Anda tidak menyadari jika bensin mobil Anda habis. Untuk itu penting sekali untuk selalu mengecek indikator sebelum Anda berkendara. 

    Selain itu, penting juga untuk mengecek langsung tangki mobil Anda untuk memastikan apakah bensin mobil Anda habis atau tidak. Sebab, jika indikator bahan bakar rusak meski bensin telah habis indikator tetap berada di atas.

            2. Mesin mengalami Overheat

    Penyebab mesin mobil mati selanjutnya yaitu mesin yang terlampau panas atau overheat. Overheat biasanya terjadi karena air radiator dalam mobil habis atau kipas pendingin rusak. 

    Mesin mobil memang dapat bekerja di suhu tinggi, tapi apabila tidak ada pendingin maka piston dapat meleleh sehingga mesin menjadi mati. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk rutin mengecek air radiator. 

            3. Terdapat Masalah pada Alternator

    Alternator atau juga dikenal dengan dinamo ampere merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengubah energi mekanik menjadi listrik yang nantinya listrik tersebut akan disalurkan pada komponen elektronik mobil. 

    Apabila komponen ini rusak bisa menyebabkan suplai listrik pun terganggu akibatnya aki terganggu dan mobil juga bisa macet. Rusaknya alternator ini bisa diatasi dengan perbaikan atau mengganti dengan yang baru. Untuk memperbaikinya Anda bisa memanggil tukang service terdekat. 

            4. Rusaknya Konverter Katalitik

    Penyebab berikutnya ialah rusaknya konverter katalitik. Komponen ini terletak pada bagian knalpot dan memiliki fungsi untuk mengubah zat pembuangan menjadi zat yang ramah lingkungan serta membersihkan bagian knalpot.

    Apabila bahan bakar terdapat banyak kotoran maka akibatnya konverter dapat tersumbat dan mesin akan bekerja terlalu keras sehingga akhirnya mesin mobil mati atau mogok.