Berita

    Tips Merawat Mobil Listrik bagi Pemula

    Belakangan ini, semakin banyak orang yang mulai menggunakan mobil listrik. Terdapat berbagai faktor yang membuat mobil ini diminati, salah satunya karena bisa menjadi solusi terhadap bahan bakar fosil yang semakin menipis.

    Selain berkaitan dengan aspek lingkungan, banyak juga orang yang memilih mobil ini karena biaya perawatannya terbilang lebih sedikit. Pajak kendaraan yang perlu dikeluarkan pun lebih ringan dibanding mobil konvensional lainnya.

    Tips Merawat Mobil Listrik

    Meski memiliki berbagai kelebihan dibanding mobil konvensional, namun terdapat berbagai perawatan yang sebaiknya Anda perhatikan dengan betul. Inilah tips untuk melakukan perawatan dengan benar, sehingga tidak terjadi masalah di sistemnya.

    • Lakukan Pengecekan Software secara Rutin

    Berbagai jenis mobil memiliki teknologi tinggi, sehingga dilengkapi dengan software yang mungkin masih tidak umum. Penting untuk Anda bisa memahaminya, sehingga perawatan mobil juga bisa dilakukan dengan maksimal.

    Selain mempelajari, lakukan juga pengecekan software secara rutin. Anda perlu tahu berbagai jadwal terkait, misalnya jadwal untuk memperbarui perangkatnya. Dengan begitu, sistem mobil akan berfungsi dengan optimal untuk perjalanan Anda.

    • Pastikan Baterai Tidak Kurang dari 40%

    Ketika menggunakan mobil listrik, maka baterainya perlu Anda perhatikan dengan baik. Sebaiknya, jangan sampai baterai mobil kurang dari 40%, meski mungkin tidak akan dipakai dalam waktu lama.

    Lalu, ketika melakukan pengisian, ada baiknya tidak diisi 100%, melainkan cukup sampai angka 80-90%. Untuk beberapa jenis mobil, mengisi daya secara maksimal bisa membuat baterai mobil menjadi lebih mudah rusak.

    • Jadwalkan Pengisian Baterai dengan Baik
    Istockphoto.com

    Masih berhubungan dengan baterai, Anda sebaiknya melakukan penjadwalan untuk mengisi baterai supaya tetap dalam kondisi prima.

    Biasanya, Anda mungkin tidak perlu mengisi baterai setiap hari, namun paling lambat adalah dua hari sekali. Kalau waktunya lebih dari itu, bisa jadi tegangannya menjadi turun dan kondisi baterai juga ikut menurun.

    Maka dari itu, lakukanlah penjadwalan yang baik, sesuai dengan penggunaan dari mobil tersebut. Ada baiknya, Anda bisa menggunakan slow charging, supaya usia pakai baterainya tetap terjaga dan awet.

    • Lakukan Pengecekan Kampas Rem, Radiator, dan Filter AC