Berita

    Simak Cara Menggunakan Avometer Digital

    Untuk mengetahui apakah ada masalah pada bagian kelistrikan di mobil Anda, diperlukan alat khusus yang bernama multimeter atau dikenal dengan istilah avometer. 

    Alat ini memiliki beragam fungsi yang bisa membantu para mekanik dalam melakukan pengujian, diagnosis, serta troubleshooting sirkuit listrik, perangkat kelistrikan. 

    Dari dua jenis yang ada, sebagian besar mekanik lebih sering menggunakan avometer digital dibandingkan dengan yang versi analog. Apa saja fungsi dan cara menggunakan avometer ini, berikut ulasannya. 

    Bagian Avometer

    Avometer merupakan alat ukur khusus yang cukup lengkap dan kerap digunakan untuk mengetes kelistrikan pada kendaraan. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai avometer, berikut penjelasan tentang bagian-bagiannya.  

    Bagian Layar

    Terdapat empat digit pada bagian layar dan memiliki kemampuan untuk menampilkan tanda negatif. Di beberapa avometer, ada yang tampilannya terlihat menyala ketika berada di situasi yang rendah cahaya. 

    Tombol Pilihan/Knop

    Fungsinya adalah memudahkan pengguna dalam mengatur avometer untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan tegangan, hambatan, dan milliamp. 

    Port

    Bagian yang satu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengukuran arus, tegangan, dan resistensi.

    Fungsi Avometer

    Avometer memiliki fungsi untuk mengukur arus listrik, resistansi (hambatan), dan juga tegangan listrik (AC dan DC). Selain itu, alat ukur ini juga memiliki beberapa fungsi yang masih berkaitan dengan kelistrikan, yaitu: 

    • Menentukan kualitas transistor.
    • Mengukur tegangan listrik AC di instalasi listrik bangunan.
    • Mengukur tegangan listrik DC pada aki/baterai.
    • Mengukur kualitas kapasitor.
    • Mengukur konektivitas pada kabel atau konektor. 
    • Mengukur arus listrik DC, khusus untuk avometer digital bisa mencapai 10A. 
    • Mengukur tingkat resistensi/hambatan sebuah resistor. 

    Cara Menggunakan Avometer Digital

    Berikut cara menggunakan avometer berdasarkan fungsinya masing-masing. 

    Mengukur Tegangan AC

    Atur posisi selektor ke ACV, kemudian hubungkan kabel probe ke terminal yang akan diukur tanpa memperhatikan positif negatifnya. Tahan posisi kabel probe hingga mendapatkan hasil yang tampak pada layar.