Berita

    Jangan Sampai Salah Isi Tekanan Angin untuk Ban Mobil, Ini Tekanan Ban Mobil yang Ideal

    Tekanan ban mobil biasanya kurang diperhatikan oleh pengendara padahal tekanan ban sangatlah penting untuk diperhatikan. Kekurangan maupun kelebihan tekanan angin akan memberikan dampak kurang nyaman serta dapat merusak ban. Untuk itu Anda tidak boleh asal isi tekanan angin. 

    Tips Mengukur Tekanan Angin Mobil

    Agar bepergian terasa nyaman maka tekanan ban harus sesuai dengan ukuran standar. Sebelum bepergian, Anda perlu mengukur tekanan ban terlebih dahulu untuk mengetahui apakah tekanan angin mobil Anda sudah sesuai ukuran standar atau belum. 

    Cara mengukur tekanan angin yaitu dengan memeriksa bentuk dan suara ban mobil. Apabila ban mobil terlihat menggembung itu artinya ban mobil memiliki tekanan angin lebih. Sebaliknya jika ban mobil tampak kempes itu berarti ban mobil anda perlu ditambah angin. 

    Selain melihat bentuk ban, anda juga bisa memeriksa tekanan dengan memukul atau menendang ban. Apabila ketika ditendang ban berbunyi keras itu berarti tekanan angin lebih. Sebaliknya jika ban tidak mengeluarkan suara maka ban perlu ditambah angin. 

    Selain dilakukan secara manual, Anda juga bisa mengukur tekanan ban dengan memakai alat pengukur tekanan angin ban atau TPMS. 

    Ukuran Standar Tekanan Angin untuk Ban Mobil

    Setiap mobil memiliki standar ukuran tekanan angin ban mobil yang berbeda-beda tergantung jenis ban dan mobil. 

    Keterangan tekanan ban bisa dilihat di pintu kemudi bagian pilar. Contoh untuk tekanan ban ideal suzuki ignis bagian depan yaitu 36 Psi, sedangkan untuk ban belakang adalah 32 Psi. 

    Selain itu, tekanan yang ideal juga dipengaruhi oleh jumlah atau berat penumpang. Semakin berat atau semakin banyak jumlah penumpang, maka tekanan angin mobil juga harus ditingkatkan. 

    Beberapa ukuran standar tekanan ban yaitu jenis mobil MPV berkisar 33 sampai 36 Psi dan  mobil sedan yaitu 30 sampai 33 Psi. Dengan memperhatikan ukuran tekanan ban maka berkendara akan semakin nyaman dan lancar. 

    Bahaya Kurang Tekanan Angin Ban

    Untuk menjaga ban dan keselamatan ketika berkendara, dalam mengisi tekanan angin mobil harus sesuai standar tekanan, tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh kurang. Beberapa bahaya tekanan ban yang kurang diantaranya yaitu:

    • Mobil akan terasa lebih berat sebab beban pada ban mobil semakin meningkat sehingga berkendara pun menjadi kurang nyaman
    • Pemborosan BBM
    • Ban menjadi slip atau mudah tergelincir terutama ketika musim hujan
    • Merusak pelek dan dapat mengurangi usia ban