Berita

    Kenali Istilah Overhaul dan Bedanya dengan Tune Up

    Overhaul merupakan salah satu istilah yang kerap dipakai dalam dunia permesinan, utamanya mesin mobil. Anda mungkin sering mengetahui overhaul mesin dan merancukaannya dengan istilah tuneup. Padahal kedua hal ini cukuplah berbeda.

    Jadi, apakah Anda mengetahui benar perbedaan antara overhaul dan tune up? Jika Anda belum seberapa paham dengan kedua istilah tersebut, Anda sebaiknya mengetahui tentang overhaul terlebih dahulu.

    Pengertian overhaul

    Istilah overhaul biasa disebut dengan turun mesin. Overhaul adalah proses pembongkaran mesin yang mengalami permasalahan agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih teliti. 

    Tidak hanya melakukan pemeriksaan, penggantian komponen mesin yang bermasalah juga dilaksanakan dalam overhaul.

    Overhaul merupakan service berat yang diterapkan untuk mesin mobil yang sedang mengalami kerusakan dikarenakan pemakaian dalam jangka panjang. Dalam hal ini, overhaul bisa disimpulkan jikalau service berat tersebut perlu dilaksanakan bila dalam mesin mobil terdapat kerusakan.

    Tanda-tanda mesin membutuhkan overhaul

    Overhaul wajib dilakukan rutin pada mobil Anda. Untuk hal ini, terdapat beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa mobil Anda membutuhkan overhaul mesin.

    • Asap putih keluar dari knalpot

    Keluarnya asap putih dari knalpot merupakan tanda pertama mobil Anda harus dilakukan overhaul. Tidak hanya berwarna putih, biasanya bau yang dikeluarkan knalpot pun tidaklah sedap seperti aroma busi terbakar.

    Terbentuknya asap putih ini disebabkan adanya mesin kendaraan yang berusia cukup tua. Sehingga ini merupakan pertanda bahwa mesin kendaraan Anda kinerjanya mulai menurun.

    Jika asap putih keluar dari kendaraan Anda, sebaiknya segeralah membawa dan mengkonsultasikan pada bengkel resmi terdekat.

    • Meningkatnya suhu mesin terus menerus

    Tanda kedua yang mengharuskan kendaraan Anda dilakukan overhaul mesin adalah meningkatnya suhu pada mesin walaupun kendaraan Anda sedang dipacu dalam kecepatan rendah. Peningkatan suhu ini dapat menyebabkan terjadinya overheat.

    Overheat mampu menyebabkan mesin mati mendadak. Guna mengatasi hal ini, Anda perlu mengetahui temperatur mesin dan untuk mencegah meningkatnya temperatur tersebut sebaiknya Anda jangan menyalakan mesin secara langsung.

    • Berkurangnya air radiator

    Cepat berkurangnya air radiator merupakan tanda diperlukannya overhaul pada mesin kendaraan. Maka dari itu, Anda sebaiknya segera membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat.

    • Basahnya kepala busi disebabkan oli