Berita

    Ketahui Apa Itu Wheelbase Dalam Kendaraan

    Apakah Anda pernah mendengar istilah wheelbase? Jika diartikan secara bahasa, artinya adalah jarak sumbu roda mobil. Istilah memang masih asing bagi sebagian orang. Ayo kupas tuntas mengenai istilah satu ini.

    Jarak sumbu pada roda mobil adalah jarak yang terdapat di antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang. Sedangkan jarak sumbu itu sendiri adalah jarak yang berada di tengah-tengah antara sumbu roda depan dan belakang.

    Meski jarang terdengar, bagian mobil satu ini menjadi dimensi yang penting dan harus diperhatikan dari rancangan awal pabrik mobil. Pasalnya hubungan antara jarak roda depan dan belakang cukup dekat dengan dasar kendaraan atau permukaan tanah.

    Wheelbase Komponen Penting, Kenapa?

    Secara singkat, jarak sumbu roda mobil sangat erat kaitannya dengan kendaraan agar tetap dinamis saat ride dan handling. Tidak hanya itu, handling kendaraan anda juga dipengaruhi oleh ground clearance.

    Kendaraan yang memiliki jarak sumbu lebih panjang akan lebih optimal dalam hal kenyamanan saat berkendara. Terbukti dengan kendaraan MPV lebih disukai karena terasa lebih nikmat nyaman, seperti pada mobil Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, dan lainnya.

    Kendaraan MPV yang berukuran besar biasanya pitch and roll nya akan lebih rendah daripada kendaraan yang lainnya. Jarak sumbu roda yang panjang membuat pabrik mobil dapat menyediakan area yang lebih besar sehingga penumpang merasa lebih lega dan luas.

    Namun, kendaraan yang memiliki jarak sumbu roda yang pendek akan mampu bermanuver lebih baik saat di tikungan meski dalam kecepatan tinggi. Jadi, pabrik kendaraan melakukan pemasangan jarak sumbu roda mobil dengan menyesuaikan tujuan dan ukuran mobil tersebut.

    Fungsinya yang Harus Diketahui! 

            1. Memberikan Rasa Nyaman

    Secara tidak langsung, jarak sumbu roda mobil mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpangnya. Pabrik telah memperhitungkan dengan tepat bagaimana roda dapat dipasang sejajar. 

    Jarak sumbu roda mobil juga mampu meningkatkan suspensi kendaraan menjadi halus dan nyaman saat sedang dalam perjalanan.

            2. Keseimbangan Mobil

    Fungsi kedua ini menandakan bahwa keberadaan jarak poros roda cukup penting bagi mobil. Keseimbangan yang dimaksud adalah dampak dari besaran gaya pada roda yang membuat mobil tetap seimbang dalam keadaan hidup ataupun mati.